Tips ini bersifat sementara sampai anda menemukan bengkel terdekat
1.Radiator bocor
Bila
radiator bocor atau retak,bisa ditempel dengan sabun mandi batangan.
Parut langsung ke bagian yang bocor. Atau masukkan telor mentah ke dalam
radiator yang sudah dipanaskan lebih dahulu. Jalan kan mobil anda tanpa
tutup radiator terpasang. Sambil memantau air radiator.
2.Belt putus
Bisa
menggunakan potongan kaos yang dipintal menjadi tali, ukurannya dibuat
lebih kecil dari ukuran aslinya, agar tali dapat mengencang.
3.Sekring putus
Beri kawat serabut, isi kabel 2 helai,lalu lilitkan antara terminal (logam) yang satu dengan yang lainnya.
4.Lampu besar (depan ) mati
bila
penyebabnya relay mati, By-pass kan listrik relay langsung, cabut
relay, lalu terminal nomor 30 diberi kabel langsung ke nomor 87.
5.Wiper mati
Bila
hujan akan sangat menggangu, oleskan sabun ke seluruh permukaan kaca
bagian luar, agar air dapat mengalir turun lebih cepat.
6.Tangki BBM bocor
Sumbat tangki atau tambal dengan sabun mandi batangan.
7.Slang radiator bocor
Sobek
kecil, gampang..lilitkan bagian bocor tadi dengan karet ban dalam atau
selotip besar (lakban). Ingat..lakukan dalam keadaan kering.
8.Drat Mur roda rusak
Beri
potongan seng dari kaleng soft drink lalu masukkan ke dalam lubang mur,
lalu kencangkan dengan perlahan dan jangan terlalu keras.
9.Rem tiba2 blong
Ini
bahaya banget…lepas gas perlahan, masukkan gigi perlahan berurutan pada
gigi rendah. Bantu dengan rem tangan..nah jika keadaan mendadak,
masukkan gigi transmisi pada posisi satu, lalu matikan mesin..ingat
kunci jangan diputar penuh ke belakang karena setir pasti mengunci.
10.Oli power steering habis
Gunakan
minyak goreng atau jika terpaksa oli mesin (untuk sementara). Setelah
digunakan langsung kuras dan jangan lupa diganti dengan oli power
steering.
11.AC mati di kala hujan
Gunakan
pasta gigi, kemudian olesi permukaan seluruh kaca bagian dalam. Karena
pasta gigi mengandung menthol, maka kaca bagian dalam akan menjadi
dingin dan tidak berembun.
12.Kabel kopling putus
Biasanya putus di bagian ujung, lipat ujung kawat lalu ikat dengan kawat.
13.Mesin overheat
Biarkan
dingin terlebih dahulu beberapa jam, lalu buka tutup radiator. Hidupkan
mesin dan beri air pada radiator. Jangan langsung beri air pada saat
mesin mati, ini dapat menyebabkan blok mesin retak.
14.Busi mati
Pecahkan isolator bagian dalam lalu pasang kembali.
15.Kabel busi putus
Kupas kedua ujung kabel dengan kawat bagian tengah kabel lalu satukan, beri isolasi kabel pada sambungan.
16.Rem macet
Disebabkan
piston kaliper kotor dan tidak kembali pada posisi semula. Kendurkan
master rem atas depan di depan boster, lalu ganjal agar master tidak
bergerak, cara ini dapat mengurangi tekanan pada rem.
17.Pecah ban saat jalan
Pertahankan
arah dengan memegang setir dengan pasti, kemudian lakukan deselerasi
secara halus, jangan injak rem..kemudian setelah dapat dikendalikan baru
injak rem dengan bertahap.
Sumber : http://unggulpribadi.blogspot.com/2011/07/tips-darurat-menghadapi-mobil.html
Sunday, 5 January 2014
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment