Wednesday 12 March 2014
3/12/2014 09:43:00 pm

Rpm Turun Saat AC dinyalakan

Sebelumnya tidak ada pertanda/gejala yang aneh, tp saat tengah perjalanan hujan turun, AC dinyalakan mesin terasa berat tarikannya, melihat rpm kok turun, hadew ada masalah apa ini. Besoknya coba cek, dan memang saat AC dinyalakan rpm jadi turun, biasanya forsaku saat idle rpm 800 kemudian saat AC dinyalakan rpm 1000. Setelah beberapa saat aku coba lepas selang yang ke selenoid AC , lepas keduanya dan dihubungkan ternyata rpm bisa naik. Nah ini penyakitnya di selenoid AC yang tdk bekerja.





Langkah pertama lepas kabel selenoid AC kemudian cek teg socket sekitar 12V, kemudian ukur dengan AVOmeter kabel selenoid AC ternyata putus ( didalam selenoid AC ada kumparan ), info harga selenoid AC sekitar Rp.195.000. Modal nekat aku bongkar selenoid AC nya, jika tidak bisa diperbaiki ya terpaksa beli.








Ternyata kumparan putus di ujung, bersihkan ujung kawat dengan cutter kemudian di solder lagi, kembalikan seperti semula dan di ukur dengan AVOmeter sudah tersambung. Test dengan memberi tegangan 12V dan Alhamdulillah bekerja.

Saatnya di coba pada forsaku, starter jreng....AC dinyalakan, Alhamdulillah rpm kembali naik di 1000, jadi hemat 195rb. Semoga manfaat

0 comments:

Post a Comment