Tuesday, 24 December 2013

Daftar Pengurus SFCI Jatim

SUSUNAN PENGURUS SFCI JATIM 2016 - 2019

KETUA               : ASROFIN MARABA
WAKIL KETUA  : TRI SETYO DELTA FORSA
SEKRETARIS     : SUTRISNO MANDOR MOKER
                              ANES ILAKES MARABA
BENDAHARA     : JACK DANIEL KEDIRI RAYA
                               DEDI BLITAR
MEKANIK          : DORA WAGIMAN GRESBY
                              HARDI WIBOWO MOKER
PENASEHAT       : MOCH TAUFIK DOWEH GRESBY
                               FATHONI MOKER
                               KARTIKA MADIUN RAYA
                               YUNIANTO TULUNGAGUNG
                               HUMAS : MOCH ZAINURI MARABA
                               MOCH RAFFIE TULUNGAGUNG
                               SONNY AJI MOKER
                               KOTREK DELTA FORSA
                               JOIJO PONOROGO
                               ANDRI SIPUT GRESBY
                               YAYAN STIKER JEMBER
                               MBAH INDRA JONTULA
                               DENI BLITAR
                               HAN KEDIRI RAYA

Wednesday, 18 December 2013

Kopdar kedua

Lokasi : Selorejo Malang

Kondisi hujan bukan halangan bagi kami untuk hadir.

















                       Bersedekap bersama, dinginnya........











Berteduh sambil ngopi




                                 
                                    Tukang bakso pun ikut eksis





Tunggangan kehujanan tak masalah





                            Menikmati hidangan ala kadarnya









Shandra malu-malu diphoto sama nyonya komendan








Shandra memang jempol, gk di suruh sudah punya inisiatif mengeringkan forsa kesayangan setelah hujan reda.




Tuan rumah om Anot parkirnya mengalah, minggir dewe......




Mengakali shock pintu belakang

Pintu belakang suzuki forsa dengan type hacthback banyak yang sudah melemah seiring bertambahnya usia. Penggantian dengan part yang baru tidaklah murah, kondisi ini memunculkan banyak ide dari pemilik suzuki forsa yang tergabung dalam SFCI. Salah satu ide dari om Octa TophBee.

Jangan lupa salah satu ujungnya diberi tali agar tidak hilang. Trims om Octa TophBee semoga manfaat bagi pemilik suzuki forsa yang lain.

Tuesday, 17 December 2013

Spareparts Suzuki Forsa

Kompresor AC bisa diganti dengan miliknya Baleno harga sekitar 1,8jt original.
 
Yang ini namanya thermoswitch dan rumahnya, berfungsi sebagai saklar otomatis fan radiator.





Yang butuh keterangan tutup box fuse / sekring.




Modif Lampu Kabin

Lampu kabin aslinya suzuki forsa memang kurang terang dan sedikit panas, yg bisa menyebabkan tutup lampunya meleleh atau cepat kusam. Bagi anda yg mau modifikasi lampu kabin dengan LED, hasil lebih terang, tidak panas dan hemat energi. Pakai LED jadian yang khusus kabin ada tinggal pasang, atau beli yg lebih murah juga ada seperti gambar dibawah ini :
















harga cuma 10rb, kalau yg beli jadian harga 30rb - 50rb.

Monday, 16 December 2013

Kopdar Perdana SFCI JATIM

Lokasi : Alun-alun Kota Mojokerto





















Memperbesar ukuran ban

Oleh Suzuki Forsa pada 4 April 2012 pukul 9:08
Ban merupakan bagian yang paling penting pada setiap kendaraan, yang selalu menyentuh permukaan tanah dengan baik, terlihat kecil namun memiliki kemampuan dalam menambah kenyamanan dan penampilan. Dalam hal ini sekalipun terlihat kecil namun sangat penting dalam berkendara. Bagaimanapun mengganti ban bagi sebagian pemilik mobil merupakan cara paling mudah untuk menambah penampilan kendaraan mereka. Beberapa dari mereka akan mengganti ban mobilnya dengan yang terbaik yang mereka ketahui. Para produsen mobil mengetahui yang terbaik, namun pemilik lebih memilih penampilan terbaik, mengurangi suara, getaran, dan kenyamanan. Produsen ban berusaha memenuhi segala kebutuhan pengguna dengan produk2 terbaiknya.
Keuntungan memperbesar ukuran ban anda:
1. Menambah daya responsive pada tiap perubahan
2. Menambah daya responsive pada tiap perubahan
3. Menambah daya cengkeram
4. Secara keseluruhan memudahkan menguasai kemudi
5. Secara tidak langsung menambah penampilan menjadi lebih baik
Menyadari bahwa ban sangat bermanfaat bagi penampilan dari kendaraan, kami saat ini menyediakan beberapa jenis ban berkualitas sesuai keinginan pasar. Penampilan yang meningkat akanmemberikan beberapa aspek.
· Mengubah model ban
· Mengubah spesifikasi ban
Mengubah model ban
Pertimbangan harga menyesuaikan dengan kelebihan yang dimiliki ; tapak yang di disain sportif dan khusus, mengurangi suara, menambah kenyamanan mengemudi baik saat terkena air ataupun daya cengkeramnya di jalan.

Mengubah spesifikasi ban
Cara lain untuk meningkatkan adalah dengan menggantinya dengan ban yang lebih besar, yang telah di sesuaikan oleh pembuat kendaraan. Pada umumnya pengguna mengganti dengan jenis ban ini adalah untuk keindahan dan penampilan kendaraannya, dengan daya cengkeram lebih, keamanan dan beberpa kelebihan lainnya. Sekalipun tidak dianjurkan namun menjadi popular saat ini.
Dari analisis sederhana diatas, pembaca kemungkinan tidak tergoda untuk berpikir, apakah hal ini adalah pilihan terbaik dengan segala kelebihan yang akan di dapat, sebaik memperbaiki penampilan dari mobil itu sendiri? Hal-hal seperti ini sebetulnya dapat menaikkan berat beban dari mobil dengan ukuran ban yang lebih besar, guncangan yang lebih terasa, disamping juga mengurangi akselerasi dari kendaraan (aspek lain dari penampilan). Pilihan kedua juga akan mengeluarkan biaya lebih mahal, sesuai dengan besar dan lebarnya ban yang diganti.
Beberapa pertimbangan sebelum memilih yang terbaik bagi anda :
1. Apakah anda betul-betul tidak menyukai spesifikasi dari ban anda yang sekarang?
2. Apakah anda hanya ingin meningkatkan beberapa tingkat diatas ban yang anda miliki?Tingkat kebisingan, kemampuan bila terkena air, atau daya cengkeram.
3. Apakah kendaraan anda memiliki kemampuan untuk dirubah penampilannya dengan ukuran ban lebih besar?
4. Apakah ban anda mampu menahan beban maksimal dengan menggunakan ban berukuran besar?
Kendaraan yang masih baru sebaiknya tidak segera dilakukan perubahan, karena akan menambah biaya yang cukup tinggi. Sebaiknya gunakanlah ban yang disarankan sesuai dengan jenis kendaraan anda. Memperbarui ban dapat dilakukan saat ban memang perlu diganti.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum mengganti ban baru adalah kemampuan bertenaga kuda (horsepower – hp) terhadap ban baru.Bila hp rendah, hal ini tidak akan membantu menaikkan performa mobil dengan mengganti ban lebih besar. Sebagai contoh, kebanyakan mobil di Malaysia berada pada 1.3 sampai 1.6 liter bensin pada mobil penumpang. Kebanyakan mobil yang ada dalam kategori ini beratnya mencapai 1 sampai 1.2 ton dan berada pada 115 sampai 135 hp, menggunakan ban berukuran 185/60R14. Dalam hal ini, performa dapat di tingkatkan dengan menggunakan ban tipe 185/65R14, atau dengan lebar berkurang hingga 175 mm. Bagaimanapun kebanyakan pemilik memilih menggantinya dengan tipe 195/50R15 atau bahkan 195/55R15, dimana hanya akan menambah berat dan pemborosan bahan bakar.
Sebaliknya, bila kendaraan anda di bawah 200, mengganti ukuran dan lebar ban dapat meningkatkan daya cengkeram menjadi lebih baik.
Setelah anda memutuskan untuk mengganti ban, lakukanlah beberapa penelitian. Ban apakah yang baik dan seusai budget anda, merek, disain tapak yang anda inginkan. Secara umum, semakin berat ban, semakin bagus dan dalam daya cengkeramnya yang dihasilkan dari tapak yang baik.
Will the tyre fit your vehicle?
Sebagai pemilik mobil, mengetahui ukuran terbaik dari ban yang sesuai sangat penting. Ada cara sederhana, yaitu saat mengganti ban, diameter tidak lebih dari 3% dari ban asli. Sebagai contoh, bila ukuran yang dimiliki 185/60R14 dengan diameter asli adalah sbb :
Diameter ban : 14 inches, 14 inch ×2.54 centimetre =35.56 centimetre
Tepi dinding ban : 60% dari permukaan ban, ?18.5 centimetres ×0.6=11.1 centimetres
Tapi setiap ban memiliki 2 tepi dinding, yang masing2 harus harus dikalikan 2,
Tepi dinding : 11.1 centimetres ×2=22.2 centimetres
Garis tengah : 35.56 centimetre +22.2 centimetre =57.76 centimetre
Apakah mungkin untuk mengganti ukuran menjadi tipe ban 195/50R?
Diameter ban: 15 inches, 15 inch ×2.54 centimetre =38.1 centimetre
Tepi dinding: 50% dari permukaan ban
Seperti sebelumnya, setiap roda memiliki dua dinding samping, dinding-dinding samping tersebut harus di kali 2
Dinding samping: 9.75 centimetres ×2=19.5 centimetres
Diameter ban: 38.1 centimetre +19.5 centimetre =57.6 centimetre
Dibandingkan dengan tipe ban 185/60R14 spesifikasi diameter ban yaitu 57.76 cm, yang memiliki perbedaan hanya 0.3%, yang berada dalam range tertentu.
Bagaimana bila kita menaikkan permukaan ban tanpa mengganti ketebalan dari ban tersebut dengan menggunakan tipe 195/60R14?
Diameter roda : 14 inci, 14 inci x 2.54 cm = 35.56 cm
Dinding samping : 60% dari permukaan ban, 18.5 x 0.6 = 11.7 x 2 = 23.4 cm
Diameter : 35.56 cm + 23.4 cm = 58.96 cm
Dibandingkan dengan tipe 185/60R14 dengan spesifikasi diameter ban 57.76 cm, perbedaannya adlah 2%, pada dasarnya masih dalam batasan wajar, namun karena diameter berubah dalam arti lebih luas, keliling ban pun akan berubah, yang dapat membuat speedometer tidak akurat. Yang paling penting, menaikkan ukuran ban mengakibatkan roda mendapatkan tekanan lebih kuat saat dikendarai. Dlam beberapa kasus dapat mengakibatkan ban robek.
Apakah ‘Plus 1’ dan ‘Plus 2’ yang dimaksud di gambar di bawah.
‘Plus 1’ artinya, bila ketebalan ban berkurang dari 70 menjadi 60, ukuran roda harus lebih besar sekitar seinci, untuk meyakinkan lingkaran roda masih tetap sama.
‘Plus 2’ artinya, bila ketebalan ban berkurang dari 70 menjadi 50, ukuran roda harus lebih besar sekitar 2 inci.

Tips Untuk Ngoprek Forsa Kesayangan

Oleh Suzuki Forsa pada 3 Mei 2012 pukul 18:14
Pertama jangan Takut Kotor ...
Makanya selalu bersihkan Mesin dengan mencuci sendiri secara Berkala ...
Jika kita ngebersihkannya Rutin terasa berat cuma di awal saja karena Olie dan kotoran daki di Mesin pasti Tebel. Bisa dilakukan dengan Mengencerkan Detergent agak kental ditambah sedikit Bensin dan membersihkannya dengan Kuas Proses bersih bersih berikutnya terasa ringan

Mulailan Belajar ngoprek dari yang ringan yang paling kita kuasai.
1. Membuka Busi dan membersihkan, membersihkan Karburator dengan Carburator Cleaner, Dua Point ini penting menjadi Ritual Rutin dan Tidak Berisiko.
2. Tahap Berikut Menyetel Karburator ( Tetapi Jangan Membuka karburator) Setelan Angin dan Stationer Ritual ini hanya memutar baut setelan ke kanan dan ke Kiri sampai setelan yang OK.
Sampai disini Masih Aman tanpa resiko

3. Tahap berikutnya Stel Platina ,.... Perlu Keterampilan ( Curi Ilmu dari Montir ) Suruh Montir menyetel Platina kemudian Pelototin bagaimana Caranya si Montir bekerja.
Selanjutnya secara Bertahap Tune Up Ringan Bisa kita lakukan Sendiri Selamat Oprek Forsa Kesayangan semoga Bermanfaat TQ